Feedback atas review Tokenomy Exchange

#1
Feedback atas Pengujian UX

1. Menu Market
% change
menunjukan bahwa informasi yang disediakan masih belum sepenuhnya tersampaikan kepada user bahwa apakah informasi kenaikan dan penurunan tersebut menunjukan data 24 jam terakhir atau mempunyai makna yang lain sehingga informasi ini harus diperjelas kembali.
1527274008557.png


Sedangkan pada tab gambar dibawah ini, informasi ini masih sangat sulit untuk dipahami bagi trader pemula, pewarnaan font pada sebuah market buy dan sell harus dapat memberikan arti yang mudah untuk dibaca sehingga mudah untuk diingat. Informasi yang disajikan perlu diberikan informasi tambahan sebagai penjelas bahwa warna hijau berarti market buy, warna merah berarti market sell, dan warna kuning berarti harga pasar saat ini.
1527274030838.png


Sedangkan pada tab header yang terlihat pada gambar dibawah ini, pada informasi simbol koin tidak menunjukan gambar yang sesuai dengan koin tersebut sehingga gunakan konsistensi yang menunjukan simbol pada koin tersebut dan tambahan untuk mempermudah informasi harga koin bisa berikan informasi tentang harga koin saat ini setara dengan usdt/ mata uang asing lainnya yang disesuaikan dengan keinginan user yang dapat dibuatkan menu pada setting nantinya. Informasi ini nantinya akan mempermudah user dalam membaca harga koin pada satuan mata uang asing dikarenakan banyak user yang belum terbiasa membaca satuan dalam satoshi.
1527274050379.png

Selanjutnya pada tab pembelian dan penjualan yang terlihat pada gambar dibawah ini, pada informasi yang telah saya beri tanda lingkaran merah dan tanda tanya, tolong berikan simbol “ ?” untuk menjelaskan informasi seputar pengertian dari limit dan market sehingga memudahkan user untuk memahami fitur dengan cara memberikan popup informasi tersebut ketika simbol “?” disorot oleh user. Sedangkan untuk kalimat “using ten” berikan warna yang berbeda dan berikan tombol direct link ke halaman profile and setting sehingga user diarahkan untuk mengaktifkan fitur TEN fee diskon.

1527274061414.png

Selanjutnya pada tab yang terlihat pada gambar dibawah ini secara layout dan fungsi sudah cukup bagus, akan tetapi kami menyarankan untuk melakukan penambahan tab untuk USDT yang sangat membantu user dalam mengkonvert pembelian usdt ketika market sedang mengalami penurunan dan Favorite Koin untuk memudahkan user secara cepat dan menjadi jalan pintas saat melakukan pembelian pada koin yang telah ditandai oleh user sebagai koin favorit.
1527274081488.png


Selanjutnya pada tab open order yang terlihat pada gambar dibawah ini sudah cukup bagus untuk layout dan peletakan informasi pada kolom, akan tetapi kami sarankan tambahkan 1 koloum untuk remain dalam bentuk prosentase yang masih tersisa dalam persen (%) yang mana user lebih mudah untuk membaca informasi tersebut.
1527274099528.png


2. Menu Funds
Berdasarkan gambar dibawah ini, informasi untuk Estimated BTC Value tidak menunjukan nilai estimasi BTC secara keseluruhan, informasi ini hanya mencakup nilai aset yang tertera diluar order pending sehingga informasi yang disajikan tidak efektif. Sedangkan untuk menu witdraw dan deposit sudah cukup bagus secara keseluruhan.
1527274309156.png


Kami menyarankan bahwa nilai estimasi untuk disajikan secara keseluruhan baik untuk aset yang berada pada active balance dan order pending, serta dapat ditambahkan nilai estimasi pada mata uang yang umum di pakai seperti usd, euro, rupiah, krw dan lain lain yang dapat disesuaikan pada rate kurs mata uang asing, sedangkan pengaturan tersebut dapat dipilih oleh user pada menu seting currency nantinya.

3. Menu Order
a. Open order

Berdasarkan gambar dibawah ini, informasi yang disajikan, layout serta tata letak content sudah cukup bagus.
1527274340674.png

Kami menyarankan untuk penambahan informasi terkait edit order dimana user dapat mengubah order mengenai perubahan harga dan jumlah order sehingga user tidak perlu melakukan pengulangan order ketika akan merubah order yang telah dilakukan.

b. Order history dan Trade History
Berdasarkan gambar dibawah ini, pada form isian dropdown pada isian market, kami menyarankan agar user dapat melakukan isian “ALL” sehingga history dapat menampilkan keselurahan order, sedangkan untuk menu tersebut user dapat melakukan download history order berupa file pdf/xlsx untuk memudahkan user untuk melakukan evaluasi dan review.
1527274365143.png


4. Menu Affiliate Program
Berdasarkan informasi yang disajikan pada menu affiliate, user akan mendapatkan 25% dari biaya transaksi yang dilakukan downline ketika mereka melakukan transaksi membeli atau menjual. Kami menyarankan kepada pihak Dev agar dapat melakukan inovasi lain seperti pembayaran tersebut diterima user dalam bentuk TEN dengan mengkovenversi biaya 25% yang diterima user pada rate TEN saat itu. Saran ini juga telah disampaikan oleh member lain sebagai bentuk inovasi yang unik.

5. Menu Profile dan Setting
Berdasarkan informasi yang disajikan pada gambar dibawah ini untuk jumlah TEN yang dapat digunakan untuk mendapatkan diskon tidak disajikan secara pasti sehingga informasi tersebut akan menyulitkan user.
1527275100200.png

Kami menyarankan bahwa informasi tambahan terkait dengan jumlah ten minimal yang dapat digunakan untuk mengurangi fee harus ditampilkan sehingga informasi akan efektif sampai kepada user.
 
#2
<<Saran atas menu yang belum tersedia dan hal-hal lain yang perlu diperhatikan>>

1. Menu pada Homepage
Sebelum user dihadapkan dengan menu login ke market, pihak developer dapat mempertimbangan fitur dan layout terkait menu homepage berikut ini :
a. Real time Chat admin
Fitur Chat admin sangat diperlukan sebagai support kepada member baru dan member lama ketika ingin bertanya terkait kendala dan bantuan yang ingin diutarakan kepada pihak perusahaan.
b. Tampilan Layout menampilkan harga token
Fitur ini nantinya akan menarik user baru dengan menampilkan info tersebut, user akan mudah membaca peruntukan website tersebut digunakan untuk jual beli token.
c. Menu untuk developer token
Fitur ini nantinya akan mengarahkan bagaimana developer token akan dapat melakukan pembuatan token mulai dari proses inkubasi yang dilakukan tokenomy dan mengarahkan developer token yang sebelumnya telah membuat token untuk mengetahui bagaimana mereka dapat listing token ditokenomy.
d. Menu untuk masuk market
e. Informasi mengapa harus membeli ten

Informasi ini dapat ditampilkan sebagai menu tambahan agar user baru tertarik untuk membeli ten dengan menampilkan keuntungan yang ditawarkan.
f. Menu Download
Fitur ini dapat digunakan user untuk mendownload user manual penggunaaan menu market sehingga user dapat dengan mudah mempelajari menu yang tersedia.
g. News
Informasi ini digunakan untuk menampilkan berita seputar event pada perusahaan pembuat token, dan informasi lainnya.
h. Kompetisi (optional)
Informasi ini mungkin dapat digunakan ketika manajemen akan membuat kompetisi/ event lain sebagai bentuk program berhadiah kepada user.

2. Menu fitur multi bahasa
Menu ini dapat ditambahkan pada market sehingga user dapat melakukan pemilihan bahasa yang umum digunakan user, seperti bahasa China, English, Perancis, Indo,dll.
1527275240760.png


3. Menu feedback
Menu ini dapat ditambahkan pada market sehingga user dapat memberikan feedback kepada developer untuk dapat menampung saran untuk perbaikan aplikasi.

4. Menu download aplikasi pada playstore dan iphone
Menu ini dapat ditambahkan pada market sehingga user dapat juga melakukan download aplikasi trading pada playstore dan iphone.

5. Menu rating aplikasi sebagai umpan balik dari user
Fitur ini dapat disisipkan kepada user berupa popup ketika user melakukan deposit, withdraw ataupun pada menu lain yang kecil kemungkinan untuk mengganggu user saat menjalankan aplikasi. Fitur ini nantinya digunakan dev sebagai survai atas kepuasan user.
Sebagai contoh survai terkait content pada video tutorial yang terlihat pada gambar dibawah ini.
1527275276962.png


6. Menu fitur pada pengaturan keamanan 2FA (google authetificator)
Menu keamanan 2FA dapat ditingkatkan kembali untuk melakukan open order, selain dapat digunakan sebagai keamanan login, deposit serta witdraw. Menu 2FA juga disesuikan dengan keinginan user pada menu security 2FA.
Contoh untuk tampilan setting 2FA :
1527275305419.png


7. Berikan informasi bahwa tampilan website akan lebih optimum d gunakan pada browser apa saja.

8. Notification
Informasi yang disajikan pada notifikasi sama seperti indodax meliputi order pembelian, order penjualan, deposit dan withdraw yang akan muncul ketika transaksi telah sukses dilakukan.

9. Trade History Market dan Stop Limit
Fitur Trade History Market dapat ditambahkan pada menu market untuk menampilkan history market yang terjadi untuk transaksi pembeliaan dan penjualan.
1527275347678.png

Fitur Stop limit juga sangat diperlukan dan menjadi keluhan banyak user, sehingga kami sangat menyarankan kepada developer agar nantinya dapat menambahkan fitur ini untuk mengurangi resiko loss yang terjadi pada user sesuai dengan manajemen trading yang dilakukan user masing-masing.

Terimakasih,


Nanda Patria
 
Top